Hari Raya Nyepi, Sipeng

Perayaan hari raya Nyepi ditujukan untuk alam semesta dan juga untuk diri kita sendiri. Bagi Alam semesta dalam satu hari tumbuh-tumbuhan dapat bernapas dengan lega tanpa adanya polusi udara begitu juga mahluk hidup yang lainnya. Sehingga kita pun dapat menghirup udara yang bersih dan murni pada hari raya Nyepi. Betapa agung dan luhurnya ajaran shiva buddha (HINDU) ini.

Manfaat Nyepi bagi Alam semesta yaitu memberikan kesempatan kepada alam semesta untuk beristirahat sejenak dari kotoran yang kita hasilkan setiap hari. Betapa banyak kotoran yang kita berikan kepada alam semesta ini setiap harinya.

Hanya di bali satu-satunya yang mampu menghentikan semua kegiatan dalam sehari. Bahkan di negara lain pun tidak mampu seperti Bali. Sedangkan bagi diri kita nyepi bermakna kembali pada kekosongan untuk bisa kembali menemukan kesejatian diri kita. Melalui nyepi kita menghentikan semua aktifitas yang bersifat duniawi. Dalam satu hari kita juga mengistirahatkan tubuh, pikiran dan jiwa kita.

  • Amati Geni artinya tidak menyalakan api lebih bermakna supaya kita tidak menyalakan api kemarahan, kebencian, iri hati yang ada didalam diri kita.
  • Amati Karya menghentikan semua kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan dalam hal ini adalah mengejar materi duniawi. Maknanya adalah kita jangan terlena atau sibuk mengejar materi duniawi saja tetapi lupa melakukan karma baik terhadap semua mahluk hidup.
  • Amati Lelungan artinya tidak bepergian. Maknanya adalah menjaga pikiran kita supaya tidak kesana kemari atau mengistirahatkan pikiran kita sejenak dalam sehari untuk merenung atau meditasi.
  • Amati lelanguan artinya tidak mencari hiburan. Maknanya adalah kita harus bisa menghentikan pikiran untuk mencari kesenangan diluar diri kita. Belajarlah membuat diri kita bahagia, Jangan mencari kebahagiaan diluar diri kita karena itu hanya menyesatkan saja.

Jadi makna nyepi sejatinya adalah hari untuk melakukan perenungan diri, kembali pada kekosongan untuk menemukan kembali siapa sejatinya kita ini. Jangan melekat pada hal-hal yang bersifat keduniawian, karena tidak ada yang kita bawa nanti setelah kembali padanya.

Pada hari raya nyepi inilah saatnya kita melepaskan semua kekotoran/kesalahan/dosa yang sudah kita perbuat selama ini supaya kita bisa menjadi manusia yang memiliki jiwa yang bersih/murni lagi kedepannya.

Begitu indah dan damainya ajaran leluhur kita jangan sampai kita sendiri mengeluh dengan adanya hari raya nyepi ini. Sementara orang luar negeri saja sangat ingin menikmati suasana nyepi dibali dan begitu kagum dengan ajaran leluhur kita.